1. Gambaran Umum Organisasi

a.  Tugas Pokok dan Fungsi

Dinas  Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blora dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Blora Nomor: 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Blora, yang dijabarkan secara spesifik dalam Peraturan Bupati Blora Nomor  50 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blora.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blora mempunyai tugas membantu sebagian tugas Bupati dalam kebijakan teknis di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijakan sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. Pelaksanaan kebijakan sesuai dengan lingkup tugasnya;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya;
  4. Pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. Pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.
  6.  Struktur Organisasi

Susunan organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blora dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Blora Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Blora.

Adapun susunan organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blora terdiri dari :

  1. Kepala Dinas ;
    1. Sekretariat, membawakan :
      1. Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan ;
      1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
      1. Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, membawahkan :
  2. Seksi Identitas Penduduk;
  3. Seksi Pindah Datang dan Pendataan Penduduk ;
    1. Bidang Pencatatan Sipil, membawahkan :
  4. Seksi Kelahiran dan Kematian;
  5. Seksi Perkawinan, Perceraian, Perubahan status anak dan Pewarganegaraan;
    1. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, membawahkan :
  6. Seksi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan;
  7. Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan

Adapun Struktur Organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blora adalah sebagai berikut :

  • Sumber Daya Manusia

      Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blora didukung oleh personalia yang terdiri atas PNS dan Non PNS.

Adapun personil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blora Tahun 2018 dapat dilihat pada tabel dibawah     ini :

Tabel 1.1.  

Daftar Rekapitulasi Aparatur menurut golongan

 Tahun 2018

No Golongan Jumlah
1.  Golongan I
2.  Golongan  II 4
3.  Golongan III  22
4.  Golongan IV  6
5. Tenaga kontrak daerah/Honorer Harian lepas 39
Total Jumlah 71

Tabel 1.2

Rekapitulasi Aparatur  berdasarkan jenjang pendidikan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blora

Tahun 2018

No. Pendidikan PNS Non PNS
1. SD 1
2. SLTP
3. SLTA 8 18
4. Sarjana Muda 3
5. Sarjana 19 17
6. Pasca Sarjana 5
  Jumlah 32 39

Dilihat dari beban tugas yang ada, personil yang ada sebanyak 71 orang, terdiri dari PNS sebanyak 32 orang dan tenaga kontrak/harian lepas  (non PNS) sebanyak 39 orang.

  • Sarana dan Prasarana

           Guna mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Blora juga didukung oleh sarana dan prasarana yang secara keseluruhan dapat dilihat pada table berikut :

Tabel 1.3.

 Sarana dan Prasarana Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blora

No Jenis Jumlah Nilai (RP)
1. Tanah 1 952.000.000,-
2. Peralatan dan mesin 755 6.210.082.696,-
3. Gedung dan bangunan 12 2.045.400.650,-
4. Jalan, irigasi dan jaringan 5 157.937.626,-
5. Asset tetap lainnya 3 6.530.000,-
7. Aset lainnya 9 59.241.375,-
8. Aset tidak terwujud 18 727.253.600,-
  Jumlah total 803 10.158.445.947,-

B.  Fungsi Strategis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Berdasarkan pada kedudukan,  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan unsure pelaksana urusan pemerintahan di bidang administrasi kependudukan dan pencataan sipil, dengan tugas pokok dan fungsi membantu sebagian tugas Bupati dalam kebijakan teknis di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil

Secara singkat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memiliki mandat yang harus dipertanggungjawabkan, yaitu :

  1. Meningkatkan kualitas aparatur pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil untuk mewujudkan tata kelola penyelenggaraaan pemerintahan yang baik (good governance) di bidang administrasi kependudukan.
  2. Memantapkan komitmen dan sinergitas melalui koordinasi, integrasi dan sinkronisasi pembangunan bidang administrasi kependudukan antara Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten.
  3. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan.

C.  Permasalahan Utama yang dihadapi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Adapun permasalahan utama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang harus diselesaikan dalam rangka meningkatkan cakupan pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil di kabupaten Blora,  secara singkat dapat di rinci sebagai berikut :

  1. Masih ada penduduk yang belum memiliki KTP
  2. Masih sedikitnya permohonan pencatatan akta kematian;
  3. Masih ada penduduk yang belum mengurus akta kelahiran anak
  4. Belum optimalnya kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil.