Selamat Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah

Info Dukcapil202 Views

SEMARANG – Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana membeberkan beberapa capaian positif provinsi ini, pada upacara pengibaran bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) Tahun 2024.

Hal itu diungkapkannya saat momen upacara pengibaran bendera peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, di Lapangan Pancasila, Kota Semarang, Sabtu (17/8/2024).

Alhamdulillah di 79 tahun Indonesia Merdeka, pembangunan di Jawa Tengah berjalan lancar, dan banyak capaian yang telah kita raih. Perekonomian kita, Jawa Tengah, tumbuh dengan baik,” kata Nana.

Ditambahkan, perekonomian Jawa Tengah pada Triwulan II 2024 tumbuh positif sebesar 4,92% secara year on year (y-on-y). Inflasi secara y-on-y terkendali dengan baik pada angka 1,86% pada Juli 2024. Angka pengangguran Jawa Tengah mengalami penurunan dari sebesar 5,13% pada Agustus 2023 menjadi 4,39% pada Februari 2024. Persentase penduduk miskin turun dari 10,77% pada Maret 2023, menjadi 10,47% pada Maret 2024. Angka kemiskinan ekstrem juga turun, dari 1,97% di tahun 2022 menjadi 1,11% pada 2023.

Selain itu, Jawa Tengah juga mendapatkan berbagai penghargaan, baik di bidang pemerintahan, kesehatan dan ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam pengentasan kemiskinan.

Di antaranya, Jawa Tengah berhasil mendapatkan penghargaan insentif fiskal atas kinerja baik dalam menurunkan angka stunting, insentif fiskal kategori kemiskinan ekstrem, penghargaan Bapanas Award sebagai Penyelenggara Gerakan Pangan Murah (GPM) Tingkat Provinsi Terbaik II.

Di bidang pemerintahan dan pelayanan publik, Jawa Tengah meraih Digital Government Award dengan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tertinggi, Badan Publik Informatif Terbaik Nasional enam kali berturut-turut; JDIH Terbaik Pertama Tahun 2023, Dukcapil Prima Award Kategori Prestasi Kolaboratif.

Kemudian di Bidang ekonomi, Jawa Tengah mendapatkan predikat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Berkinerja Terbaik se-Jawa Bali Tahun 2024, Penghargaan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Terbaik Pertama Tingkat Provinsi, Anugerah Adinata Syariah dari Komite Nasional ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), serta penghargaan lainnya.

“Kita memaksimalkan dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat, dan juga untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Nana juga mengajak masyarakat menyukseskan pilkada serentak yag dihelat pada 27 November 2024. Pada pilkada itu, akan dipilih gubernur maupun bupati/ wali kota.

Nana menuturkan, pada Pemilu Februari 2024 yang lalu, tingkat partisipasi pemilih di Jawa Tengah cukup tinggi, mencapai 82,5 persen, melebihi target nasional 79,5%. Hal itu merupakan kesuksesan bersama, di mana salah satu indikator sukses pemilu adalah tingginya partisipasi masyarakat. Kesuksesan tersebut kiranya dapat terus dilanjutkan bahkan ditingkatkan pada Pilkada Serentak November mendatang.

Saat ini, mendekati masa pendaftaran calon, terang dia, kondisi Jawa Tengah sangat kondusif. Adapun kesiapan penyelenggaraan saat ini berjalan baik.

“Kesiapan penyelenggaraan pilkada, Pemprov bersama Forkopimda, TNI, Polri, KPU, Bawaslu baik provinsi dan kabupaten/kota, sudah siap melaksanakan dan terus sukseskan Pemilu yang jurdil,” ujar Pj gubernur.

Pihaknya terus memetakan kerawanan yang mungkin terjadi serta penanganannya, serta terus menyosialisasikan Pemilu agar berjalan damai. Masyarakat juga diharapkan tidak mudah terprovokasi.

“Kami juga terus koordinasi dengan partai politik, agar pelaksanan Pemilu berjalan sukses,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu veteran yang hadir dalam upacara, Sanjoto, berharap pada momen peringatan HUT RI, agar Indonesia bisa lebih berkembang. Terutama kalangan generasi sekarang, agar bisa memanfaatkan kemerdekaan dengan baik.

“Kepada putra-putri Indonesia supaya bangkit kembali. Saya harapkan anak muda hebat. Jadi harus lebih hebat, berani. Nanti mereka yang gantikan,” kata mantan pengawal Panglima Besar Jendral Sudirman, ditemui di lokasi.

Ia juga memuji pemerintah yang sudah menyejahterakan para veteran seperti dirinya. Antara lain, memberikan tunjangan veteran serta memberikan penghidupan yang lebih layak. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)