Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Blora melakukan sosialisasi ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se Kab. Blora terkait Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

Beberapa hal yang disampaikan meliputi masa berlaku KTP non elektronik yang sudah tidak berlaku ditahun 2015, Semua keperluan pengurusan Administrasi Kependudukan maupun kepentingan yang lain harus menggunakan KTP elektronik. Masa berlaku KTP elektronik yang semula 5 (lima) tahun menjadi seumur hidup. Bagi warga yang belum melakukan perekaman data agar segera melakukan perekaman di kecamatan setempat. Apabila dikarenakan sesuatu dan hal lain, KTP elektronik tidak dapat dicetak segera menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Blora.

Kepala Dindukcapil Kab. Blora Purwadi Setyono mengemukakan masyarakat yang membutuhkan E-KTP untuk mengurus sesuatu diminta datang ke Kantor Dindukcapil. Pihaknya akan menerbitkan Surat Keterangan pengganti E-KTP, Surat Keterangan tersebut dapat dipergunakan sebagaimana kebutuhan. Hal ini lanjutnya sudah diatur dalam Undang-Undang.

“Silakan minta Surat Keterangan sebagai pengganti E-KTP di kantor Dindukcapil jika membutuhkannya untuk mengurus sesuatu,” katanya saat diruang kerjanya, Senin (11/5).

Namun demikian lanjutnya, Surat Keterangan itu diberikan bagi pemohon yang sudah tercatat atau sudah melakukan perekaman data KTP Elektronik. Jika belum, maka harus melakukan perekaman KTP Elektronik terlebih dahulu. Setelah tercatat, Surat Keterangan baru bisa diterbitkan dengan disertai NIK Nasional.

 “Rekam data E-KTP dulu, baru Surat Keterangan itu diberikan,” jelasnya. (DPPKKI Kab. Blora)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>