BLORA, suaramerdeka.com – Warga Blora yang hendak membuat kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) mesti bersabar. Hal itu seiring masih kurangnya bahan baku kepingan kartu E-KTP yang tersedia. Dari 27 ribu keping yang diperlukan, Blora baru mendapatkan 6.500 keping bahan pembuatan E-KTP dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Blora Purwadi Setyono mengemukakan, pihaknya telah mengajukan permintaan bahan baku kepingan E-KTP ke Kemendagri. “Biasanya pengiriman bahan baku kepingan E- KTP itu bertahap atau tidak langsung dipenuhi semuanya,” ujarnya Kamis (2/4).

Menurutnya, kepingan tersebut akan menjadi bahan baku pembuatan E-KTP di daerah. Purwadi yang juga mantan Camat Cepu menyatakan, meski masih kekurangan kepingan tersebut, pihaknya tetap memproses semua permohonan penerbitan E-KTP baru bagi warga yang sudah memenuhi syarat memiliki KTP.

“Tetap kami proses. Namun mengingat keterbatasan jumlah kepingan E-KTP, kami prioritaskan wilayah perkotaan dulu,” katanya.

Dia mengungkapkan KTP dari bahan baku kertas kini sudah tidak berlaku lagi. Oleh karena itu pihaknya meminta masyarakat untuk segera mengurus E-KTP bagi yang belum memilikinya. ‘’Pencetakan atau penerbitan E-KTP dilakukan di Disdukcapil Blora,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>