Seputar Kota Blora -Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Blora terpaksa menerbitkan surat keterangan pengganti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Itu karena Dindukcapil kehabisan blangko E-KTP. 18 /12/2016
Kepala Dindukcapil Blora, Purwadi Setiono, menegaskan, surat keterangan itu diberikan kepada warga yang telah mengikuti perekaman data E-KTP namun fisik E-KTP belum bisa diterbitkan karena blangkonya habis. “Surat keterangan ini kedudukan dan fungsinya sama dengan E-KTP. Bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan,” ujarnya, dikutip dari suara merdeka.
Namun surat keterangan pengganti E-KTP tersebut hanya berlaku selama enam bulan sejak diterbitkan atau hingga terbitnya E-KTP. “Selama belum terbit E-KTP, surat keterangan ini bisa digunakan,” tandasnya sembari menunjukan contoh surat keterangan pengganti E-KTP tersebut.
Purwadi memperkirakan, blangko E-KTP yang pengadaanya dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tak lama lagi sudah tersedia. Pasalnya, sepengetahuan dia, Presiden telah menyetujui penggunaan anggaran untuk pengadaan blangko tersebut.Pada bulan lalu kata Purwadi yang juga mantan Camat Cepu mengatakan “Dari informasi yang kami dapatkan, paling tidak pada bulan November sudah tersedia blangko E-KTP di Kemendagri. Kalau sudah ada, kami akan mengambilnya,” . Namun sampai bulan Desember ini belum juga terdesia akhirnya masyarakat masih menerima surat keterangan pengganti E-KTP.

 Yang disayangkan warga masyarakat Blora pelayanan Dindukcapil Blora kurang bagus, seperti foto diatas tempat informasi dan pengaduan pun tidak ada petugasnya. “Saya kebingungan tak taunya saya dikasih surat keterangan padahal saya akan kebali bekerja ke Surabaya, malah E-KTP saya belum jadi, Saya mau tanya – tanya tapi pusat informasi tidak ada petugasnya” ujar salah satu warga yang membuat E-KTP di Dindukcapil Blora.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>